Sabtu, 10 Mei 2014

contoh RPP Inkuiri Kelas IV SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) INQUIRI
Sekolah                : SD Muhammadiyah I Surakarta
Kelas/Semester   : IV / 11
Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Alam
Tema                   : BAB VII “Enerrgi dan Perubahannya”
Alokasi Waktu    : 1 x Pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunannya dalam kehidupan sehari-hari.

B.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Menyiapkan peserta didik baik dari segi fisik maupun psikis.
a.    Mengawali dengan salam.
b.    Meminta salam satu peserta didik untuk memimpin berdoa.
c.    Mengecek kehadiran siswa. (Bila ada yang tidak masuk ditanyakan alasannya seperti kepada teman sebangkunya atau yang rumahnya dekat)
2.    Memberikan motivasi kepada peserta didik sesuai materi pembelajaran. Seperti: setiap makhluk hidup yang ada dibumi pasti memerlukan matahari sebagai sumber cahaya yang terbesar yang makhluk hidup butuhkan.
3.    Mengulas sedikit tentang materi sebelumnya “Gaya”
4.    Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.    Menyampaikan garis besar materi yang akan disampaikan, yakni sesuai silabus.
10 menit
Inti
A.      Mengamati / Orientasi / Observasi
Menjelaskan pada peserta didik bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa melakukan berbagai kegiatan. Semua kegiatan tersebut memerlukan energi.
B.       Merumuskan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud dengan energi?
2.      Energi yang kita lakukan sehari-hari itu apa saja?
3.      Energi yang terbesar itu berasal dari mana?
C.       Menyusun Data / Pustaka
1.      Menginstruksikan agar para peserta didik membuka serta membaca buku ajar / modul yang mereka miliki.
2.      Menerangkan dan menjelaskan materi pembelajaran tentang “Energi dan Perubahannya”
3.      Menjelaskan diselingi pula dengan memancing jawaban dari pertanyaan yang muncul pada awal pembelajaran.
D.      Menyusun Hipotesis
Membimbing peserta didik dengan memancingnya untuk menemukan jawaban atas rumusan yang telah dibuat.
E.       Menguji Hipotesis
1.      Membagi peseta didik dalam beberapa kelompok, yakni satu kelas menjadi 4 atau 5 kelompok.
2.    Meminta setiap kelompok untuk membuat tabel dalam selembar kertas yang dimana kertas tersebut untuk membuat tabel yang berisikan contoh-contoh dari energi panas dan perubahannya.
F.        Analisis Data
1.      Meminta setiap perwakilan kelmpok untuk maju kedepan kelas dan membacakan hasil diskusinya.
2.      Mengisikan tabel yang ada dipapan tulis yang dibuat guru sebelumnya.
G.      Kesimpulan
Memberi penguat pada Setiap contoh maupun hal yang disampaikan peserta didik serta memberikan tepuk tangan sebagai bukti penghargaan pada peserta didik.

50 menit
Penutup
1.     Membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan. Sehingga bahasa yang digunakan dapat dipahami oleh peserta didik karena dibuatnya sendiri.
2.     Merefleksi jalannya pembelajaran, menanyakan pada peserta didik hal apa yang belum diketahui atau masih bingung tentang pembelajaran yang disampaikan.
3.     Memberikan tugas rumah (PR) kepada peserta didik untuk menjari contoh perubahan energi panas sebanyak banyaknya yang ditemui dirumah dan ditulis pada buku tugas mereka.
4.     Menyampaikan materi pembelajaran yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya agar peserta didik bisa belajarr dirumah terlebih dahulu. Yaitu “Energi Alternatif”.
5.     Meminta ketua kelas untuk memimpin teman-temannya berdoa, dan guru mengakhiri dengan salam.
10 menit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar