RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) INQUIRI
Sekolah : SD Muhammadiyah I Surakarta
Kelas/Semester : IV / 11
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Tema : BAB VII “Enerrgi dan Perubahannya”
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat memahami berbagai bentuk
energi dan cara penggunannya dalam kehidupan sehari-hari.
B. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Menyiapkan
peserta didik baik dari segi fisik maupun psikis.
a. Mengawali
dengan salam.
b. Meminta
salam satu peserta didik untuk memimpin berdoa.
c. Mengecek
kehadiran siswa. (Bila ada yang tidak masuk ditanyakan alasannya seperti
kepada teman sebangkunya atau yang rumahnya dekat)
2. Memberikan
motivasi kepada peserta didik sesuai materi pembelajaran. Seperti: setiap
makhluk hidup yang ada dibumi pasti memerlukan matahari sebagai sumber cahaya
yang terbesar yang makhluk hidup butuhkan.
3. Mengulas
sedikit tentang materi sebelumnya “Gaya”
4. Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
5. Menyampaikan
garis besar materi yang akan disampaikan, yakni sesuai silabus.
|
10
menit
|
Inti
|
A. Mengamati
/ Orientasi / Observasi
Menjelaskan pada peserta
didik bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa melakukan berbagai
kegiatan. Semua kegiatan tersebut memerlukan energi.
B. Merumuskan
Masalah
1. Apakah
yang dimaksud dengan energi?
2. Energi
yang kita lakukan sehari-hari itu apa saja?
3. Energi
yang terbesar itu berasal dari mana?
C. Menyusun
Data / Pustaka
1. Menginstruksikan
agar para peserta didik membuka serta membaca buku ajar / modul yang mereka
miliki.
2. Menerangkan
dan menjelaskan materi pembelajaran tentang “Energi dan Perubahannya”
3. Menjelaskan
diselingi pula dengan memancing jawaban dari pertanyaan yang muncul pada awal
pembelajaran.
D. Menyusun
Hipotesis
Membimbing peserta
didik dengan memancingnya untuk menemukan jawaban atas rumusan yang telah
dibuat.
E. Menguji
Hipotesis
1. Membagi
peseta didik dalam beberapa kelompok, yakni satu kelas menjadi 4 atau 5
kelompok.
2. Meminta
setiap kelompok untuk membuat tabel dalam selembar kertas yang dimana kertas
tersebut untuk membuat tabel yang berisikan contoh-contoh dari energi panas
dan perubahannya.
F.
Analisis Data
1. Meminta
setiap perwakilan kelmpok untuk maju kedepan kelas dan membacakan hasil
diskusinya.
2. Mengisikan
tabel yang ada dipapan tulis yang dibuat guru sebelumnya.
G. Kesimpulan
Memberi penguat pada
Setiap contoh maupun hal yang disampaikan peserta didik serta memberikan
tepuk tangan sebagai bukti penghargaan pada peserta didik.
|
50
menit
|
Penutup
|
1. Membimbing
peserta didik untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah
dilaksanakan. Sehingga bahasa yang digunakan dapat dipahami oleh peserta
didik karena dibuatnya sendiri.
2. Merefleksi
jalannya pembelajaran, menanyakan pada peserta didik hal apa yang belum diketahui
atau masih bingung tentang pembelajaran yang disampaikan.
3. Memberikan
tugas rumah (PR) kepada peserta didik untuk menjari contoh perubahan energi
panas sebanyak banyaknya yang ditemui dirumah dan ditulis pada buku tugas
mereka.
4. Menyampaikan
materi pembelajaran yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya agar
peserta didik bisa belajarr dirumah terlebih dahulu. Yaitu “Energi
Alternatif”.
5. Meminta
ketua kelas untuk memimpin teman-temannya berdoa, dan guru mengakhiri dengan
salam.
|
10
menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar