Sabtu, 10 Mei 2014

Contoh RPP Konstruktivisme Kelas IV SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KONSTRUKTIVISME
Sekolah                     : SD Muhammadiyah I Surakarta
Kelas/Semester        : IV / 11
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
Tema                                    : Bab VII “Energi dan Perubahannya”
Alokasi Waktu         : 1 x Pertemuan (2 X 35 menit)

A.  Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunannya dalam kehidupan sehari-hari.

B.  Langkah- langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Menyiapkan peserta dari segi fisik dan psikis
-       Mengawali pembelajaran dengan salam.
-       Meminta ketua kelas untuk memimpin berdoa.
-       Mengecek kehadiran, serta melakukan presensi (serta tindak lanjut bagi yang tidak masuk)
2.     Memberikan motivasi pada peserta didik. Seperti salah satu penghasil energi itu ialah matahari dari baju yang dijemur bisa menjadi kering, pak tani jika tanamannya terkena sinar matahari yang cukup bisa segera panen, dan juga pak nelayan dapat menjemur hasil tangkapannya (ikan) dengan bantuan sinar matahari.
Jadi dengan adanya matahari jika kita bisa memanfaatkkannya secara optimal itu bsa sebagai menjadi mata pencaharian yang menjanjikan.
3.     Mengulas sedikit tentang materi pertemuan sebelumnya yaitu “Gaya”.
4.     Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Menyampaikan garis besar pokok bahasan yang akan dipelajari.
5 menit
Inti
A.   Tahap Awal
Pembelajaran diawali dengan memusatkan perhatian peserta didik pada suatu kejadian yang real dalam kehidupan peserta didik. Seperti dikala ibu menjemur baju, “Kenapa baju tersebut bisa kering?”
B.   Eksplorasi
1.    Memperlihatkan senter pada peserta didik, meminta salah satu peserta didik untuk maju kedepan kelas untuk menyalakannya.
2.    Menannyakan kepada peserta didik, “Disaat senter dinyalakan apa yang kalian lihat?”
3.    Guru lalu bertanya lagi “Sinar yang dikeluarkan lampu itu berasal darimana?”
4.    Setelah peserrta didik menyampaikan pendapatnya, guru mengatakan itulah salah satu energi dan perubahannya.
C.   Diskusi
1)   Guru menjelaskan energi panas dan perubahannya.
2)   Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok, masing-masing terdiri dari 4-5 orang.
3)   Meminta peserta didik untuk mencari contoh energi panas dan perubahannya.
4)   Menyuruh peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompok pada selembar kertas.
5)   Selama diskusi berlangsung akan tetap melakukan pendampingan, jika ada kelompok yang masih kurang paham guru membantu menemukan dengan memancing mereka dengan kegiatan yang ada kegiatan-kegiatan yang biasa peserta didik lakukan.
6)   Guru membuat tabel dipapan tulis yang terdiri dari tiga kolom (contohnya, energi awal, dan perubahannya energinya).
D.   Pengembangan Konsep
(1) Meminta perwakilan kelompok maju satu persatu untuk membacakan hasil diskusinya, dan menuliskannya ditabel yang disediakan.
(2) Guru memberikan penguatan terhadap contoh yang diberikan masing-masing kelompok, serta memberikan tepuk tangan terhadap contoh yang tepat.
(3) Memberikan soal sebagai evaluasi untuk pembelajaran yang telah dilakukan. Setelah selesai tugas tersebut dikumpulkan didepan.
55 menit
Peutup
1.    Menyimpulkan pembelajaran, guru membimbing peserta untuk menemukan garis besar pembelajaran.
2.    Mengadakan tindak lanjut untuk mencari contoh yang lebih banyak mengenai perubahan energi panas.
3.    Menyampaikan pada peserta didik tentang materi selanjutnya, yaitu “Energi Alternatif” agar peserta didik mempelajarinya.
4.    Merefleksi jalannya pembelajaran.
5.    Mengakhiri pembelajaran dipimpin ketua kelas.
6.    Menutup dengan salam.
10 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar